Rabu, 15 Juli 2020


             
UJI DATA ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA
Analisi Tarif, Kepuasan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) ULP Surakarta Kota
Studi kasus pada Pelanggan PT PLN (Persero) ULP Surakarta Kota







Oleh :
Kuncoro Wibowo
201702046
Dosen Pengampu : Dr. Supawi Pawenang, SE, MM

PROGAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA
2020



A.   Tabulasi Data



1.      ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA
Formulasi Model Regresi Berganda
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e
Atau
Kepuasan Pelanggan = a + b1 Tarif  + b2 Kepuasan + b3 Kualitas Pelayanan + e



Interpretasi Hasil Persamaan Regresi Linier
Nilai konstanta sebesar 14,582 menunjukkan bahwa apabila Tarif, Kepuasan dan Kualitas pelayanan Pelanggan atau sama dengan nol maka kepuasan konsumen sebesar 14,852.
Besarnya nilai koefisien variabel harga sebesar 0,137 dengan nilai positif, menunjukkan apabila Harga mengalami peningkatan maka nilai kepuasan konsumen akan mengalami kenaikan dan sebaliknya harga mengalami penurunan maka kepuasan konsumen akan mengalami penurunan
Besarnya nilai koefisien variabel Fasilitas sebesar -0,373 dengan nilai negatif, menunjukkan apabila Fasilitas mengalami peningkatan maka nilai kepuasan konsumen akan mengalami kenaikan dan sebaliknya Fasilitas mengalami penurunan maka kepuasan konsumen akan mengalami penurunan
Besarnya nilai koefisien variabel Kulitas Pelayanan sebesar 0,073 dengan nilai positif, menunjukkan apabila Kualitas Pelayanan mengalami peningkatan maka nilai kepuasan konsumen akan mengalami kenaikan dan sebaliknya Kualitas Pelayanan mengalami penurunan maka kepuasan konsumen akan mengalami penurunan.

2.    Uji F.


Interpretasi Hasil Uji F
Hasil perhitungan regresi diperoleh nilai F hitung sebesar 1,723 dengan nilai probabilitas 0,002 berarti p >  0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa model penelitian ini adalah fit. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh variabel Tarif, Fasilitas dan Kualitas  Pelayanann berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan. Sehingga model regresi dapat digunakan dalam penelitian ini.

3.     Koefisien Determinasi

Interpretasi Hasil Koefisien Determinasi
Hasil perhitungan koefisien determinasi pada analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Adjustued R square sebesar 0,740. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Harga, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen yaitu tingkat akrual sebesar 74% sedangkan sisanya 26% dijelaskan oleh faktor lain atau variabel lain diluar model

4.     Uji t


Interpretasi Hasil Uji t
Hasil pengujian hipotesis 1 menunjukkan nilai t hitung sebesar 0,804 dengan signifikansi sebesar 0,429 ( p> 0,05 ). Hal ini berarti bahwa Tarif  tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Dengan demikian hipotesis 1 Ditolak
Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan nilai t hitung sebesar -1,965 dengan signifikansi sebesar 0,061 ( p> 0,05 ). Hal ini berarti bahwa Fasilitas tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan.
Dengan demikian hipotesis 2 Ditolak
Hasil pengujian hipotesis 3 menunjukkan nilai t hitung sebesar 0,332 dengan signifikansi sebesar 0,743 ( p> 0,05 ). Hal ini berarti bahwa Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Dengan demikian hipotesis 3 Ditolak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar