UJI DATA ANALISIS REGRESI
LINIER BERGANDA
Analisi Tarif, Kepuasan dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) ULP Surakarta
Kota
Studi kasus pada Pelanggan
PT PLN (Persero) ULP Surakarta Kota
Oleh :
Kuncoro Wibowo
201702046
Dosen Pengampu : Dr.
Supawi Pawenang, SE, MM
PROGAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM
BATIK SURAKARTA
2020
A. Tabulasi Data
1.
ANALISIS
REGRESI LINIER BERGANDA
Formulasi Model Regresi Berganda
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e
Atau
Kepuasan Pelanggan = a + b1 Tarif + b2 Kepuasan + b3 Kualitas Pelayanan + e
Interpretasi Hasil
Persamaan Regresi Linier
Nilai
konstanta sebesar 14,582 menunjukkan bahwa apabila Tarif, Kepuasan dan
Kualitas pelayanan Pelanggan atau sama dengan nol maka kepuasan konsumen sebesar 14,852.
Besarnya
nilai koefisien variabel harga sebesar 0,137 dengan nilai positif, menunjukkan
apabila Harga mengalami peningkatan maka nilai kepuasan konsumen akan mengalami
kenaikan dan sebaliknya harga mengalami penurunan maka kepuasan konsumen akan
mengalami penurunan
Besarnya
nilai koefisien variabel Fasilitas sebesar -0,373 dengan nilai negatif,
menunjukkan apabila Fasilitas mengalami peningkatan maka nilai kepuasan
konsumen akan mengalami kenaikan dan sebaliknya Fasilitas mengalami penurunan
maka kepuasan konsumen akan mengalami penurunan
Besarnya nilai koefisien variabel Kulitas
Pelayanan sebesar 0,073 dengan nilai positif, menunjukkan apabila Kualitas
Pelayanan mengalami peningkatan maka nilai kepuasan konsumen akan mengalami
kenaikan dan sebaliknya Kualitas Pelayanan mengalami penurunan maka kepuasan
konsumen akan mengalami penurunan.
2.
Uji F.
Interpretasi Hasil Uji F
Hasil perhitungan regresi diperoleh nilai F hitung
sebesar 1,723 dengan nilai probabilitas 0,002 berarti p > 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa model
penelitian ini adalah fit. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh variabel Tarif,
Fasilitas dan Kualitas Pelayanann
berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan. Sehingga model regresi
dapat digunakan dalam penelitian ini.
3.
Koefisien Determinasi
Interpretasi Hasil Koefisien Determinasi
Hasil perhitungan
koefisien determinasi pada analisis regresi linier berganda diperoleh nilai
Adjustued R square sebesar 0,740. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Harga,
Fasilitas dan Kualitas Pelayanan mampu menjelaskan variasi dari variabel
dependen yaitu tingkat akrual sebesar 74% sedangkan sisanya 26% dijelaskan oleh
faktor lain atau variabel lain diluar model
4. Uji t
Interpretasi Hasil Uji t
Hasil pengujian hipotesis 1 menunjukkan nilai t
hitung sebesar 0,804 dengan signifikansi sebesar 0,429 ( p> 0,05 ). Hal ini
berarti bahwa Tarif tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Dengan
demikian hipotesis 1 Ditolak
Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan nilai t
hitung sebesar -1,965 dengan signifikansi sebesar 0,061 ( p> 0,05 ). Hal ini
berarti bahwa Fasilitas tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan.
Dengan demikian hipotesis 2 Ditolak
Hasil pengujian hipotesis 3 menunjukkan nilai t
hitung sebesar 0,332 dengan signifikansi sebesar 0,743 ( p> 0,05 ). Hal ini
berarti bahwa Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.
Dengan demikian hipotesis 3 Ditolak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar